Keindahan Negeri Arab

Keindahan Negeri Arab

Arab Saudi adalah salah satu negara Islam terbaik di dunia. Negara ini kadang disebut “Tanah dua masjid suci”, karena di negara ini terdapat Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Dikutip dari Travel Magma, Kamis 24 Juli 2014, budaya Islam menjadi daya tarik utama parisiwata di Arab Saudi, selain ritual penting umat muslim yang tidak ditemukan di negara lain.

Sejumlah masjid yang ada di Arab Saudi memiliki nilai sejarah, agama, dan artistik. Padang pasir dan laut merah dengan pantai yang sangat indah juga memikat wisatawan untung datang ke negara ini.

Berikut adalah sejumlah tempat menakjubkan di Arab Saudi.

1. Batu hitam

Batu ini berada di tepi Ka’bah, yakni bangunan batu kuno tempat umat muslim berdoa. Umat Islam meyakini bahwa batu hitam ini adalah batu yang jatuh dari langit pada masa Nabi Adam dan istrinya, Hawa.

Semula batu tersebut berwarna putih, tetapi kemudian berubah warna menjadi hitam karena menyerap dosa-dosa yang dilakukan manusia.

Hanya orang-orang yang beruntung yang memiliki kesempatan untuk mencium batu suci ini. Namun, Anda tidak harus memaksakan diri untuk bisa menciumnya. Saat musim ibadah Haji, hampir mustahil untuk bisa mencapai Batu Hitam ini.

Batu hitam ini memiliki kepentingan agama yang luar biasa, menyentuh batu ini akan memberikan perasaan yang mengagumkan.

2. Masjid Nabawi di Madinah

Ini adalah tempat paling damai di seluruh dunia. Tempat ini dikenal sebagai sepotong surga. Masjid Nabawi terletak di Madinah dan dianggap menjadi masjid tersuci kedua di dunia. Masjid ini dibangun oleh Nabi Muhammad.

Anda akan mendapatkan perasaan spiritual yang unik yang tidak mungkin ditemukan di setiap sudut dunia lainnya. Jika Anda muslim, Anda akan merasa diberkahi setelah mengunjungi tempat suci ini. Jika Anda non-muslim, tempat ini akan menjadi seperti tempat petualangan. Anda akan mengagumi arsitektur yang ada di masjid ini.

Meninggalkan masjid ini bisa menjadi pengalaman yang paling memilukan. Tempat ini adalah tempat terbaik untuk dikunjungi jika Anda ingin menenangkan diri dari dunia modern dan buatan.

Masjid nampak sangat besar dan bersih. Anda bisa melihat staf kebersihan bekerja sangat keras. Orang-orang menganggap tempat yang paling indah di bumi.

3. Fountain Jeddah

Fountain Jeddah juga dikenal dengan Air Mancur Raja Fahd. Ini adalah air mancur tertinggi di dunia yang terletak di pantai Laut Merah. Tinggi air mancur ini mencapai 1.024 kaki atau 853 meter.

Air mancur ini merupakan air mancur yang dibuat atas perintah Raja Fahd dan disumbangkan ke kota Jeddah. Yang unik, air mancur ini menggunakan air asin dari Laut Merah, bukan air tawar biasa.

Orang-orang sangat menyukai air mancur ini karena memiliki desain yang menakjubkan dan memberikan pemandangan paling spektakuler di malam hari. Pemandangan matahari terbenam juga memberikan ketenangan dan suasana yang romantis. Pancaran cahaya kembang api juga menambah keindahan pemandangan.

Ada hampir 500 lampu sorot yang digunakan untuk menerangi air mancur di malam hari. tempat terbaik untuk dapat menikmati keindahan air mancur ini adalah dari Tree Square. Bahkan, tanpa musik sekali pun, Anda dapat berjam-jam menikmati suasana di sini. Selain itu, Laut Merah adalah surga bagi para penyelam.

4. Museum National



Semua sejarah terkait budaya Islam dapat dilihat di museum National yang memiliki luas 17.000 meter persegi. Museum ini terletak di Riyadh.

Sumber informasi di museum ini terdiri dari 10 galeri berbeda yang meliputi koleksi beberapa raja yang mendirikan Arab Saudi.

Jika pengunjung memang memiliki minat yang besar dengan sejarah, maka tempat ini akan menawarkan karya seni sejarah besar. Dilihat dari bangunannya, museum ini mengesankan adanya kemajuan teknologi.

Tempat ini begitu luas, juga dilengkapi dengan taman di bagian luar yang menawarkan pemandangan spektakuler di malam hari.

5. Pantai Silver Sands

Sebagian besar wisatawan yang menyukai pantai, dijamin tidak akan kecewa dengan pantai dianggap telah mendapat permata dari Jeddah.

Pantai Silver Sands adalah salah satu pantai yang paling indah karena memiliki pasir yang halus dan lembut, serta air biru yang begitu jernih. Pantai ini memberikan kesan pulau tropis dengan angin yang berhembus sejuk.

Air laut tampak biru dan hijau benar-benar bisa memanjakan mata. Kursi panjang lengkap dengan payungnya tersedia di pinggir pantai di bawah pohon-pohon palem.

Pantai menjadi tempat yang sempurna untuk bersantai bersama keluarga dan teman-teman.

6. Kingdom Centre Tower

Jika Anda menyukai tantangan, bangunan ini bisa menjadi pengalaman yang luar biasa. Bangunan ini tertinggi di Arab Saudi ini menempati area yang luas, dimana di dalamnya terdapat Rumah Sakit Pusat Raja Abdul Aziz, terdiri dari 65 lantai setinggi 992 kaki.

Ini adalah bangunan tertinggi ketiga di dunia. Pemandangan Kota Riyadh dapat dilihat dengan benar-benar baik di jembatan menara bangunan ini.

Menara bangunan memiliki sejumlah fasilitas seperti pusat perbelanjaan, food court, restoran, hotel, dan ruang pesta.

7. Masjid terapung

Masjid ini sebenarnya tidak benar-benar terapung sesuai dengan namanya. Masjid ini dimanakan Masjid Terapung karena masjid putih yang indah ini tampak muncul dari laut, karena dikelilingi oleh air dari tiga sisi.

Masjid ini menyajikan pemandangan indah laut dari pantai. Masjid ini dibangun pada 1980an dan memiliki arsitek begitu modern.

8. Jabal Al-Nur



Tempat ini juga dikenal dengan gunung cahaya. Umat Islam percaya bahwa bukit ini menjadi tempat pertama Nabi Muhammad menerima wahyu pertama dari Allah.

Bukit ini memiliki ketinggian 5.000 meter di atas permukaan laut. Ini menjadi tempat sakral bagi muslim. Anda membutuhkan makanan ringan dan air saat mendakinya. (ren)

disunting:http://life.viva.co.id/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s